Mengapa Bisnis Anda Butuh Website

Apakah Bisnis Anda Memerlukan Website?

Sekarang, hampir setiap perusahaan mempunyai situs resmi. Apabila Anda seorang pemilik usaha kecil/menengah, seringkali Anda ragu, apakah bisnis Anda memerlukan website? Atau biarkan semua berjalan apa adanya seperti biasa, tanpa merasa perlu untuk mengikuti trend global ini?

Jawaban singkat untuk pertanyaan sesuai judul artikel ini adalah: ya.

Ya, bisnis Anda memerlukan website. Tidak peduli sekecil apapun itu, namun memiliki website bisa membantu bisnis Anda untuk maju berkembang.

Masih saja, banyak pelaku bisnis yang menganggap website itu tidak penting. Tentu, banyak alasan mereka, namun jika Anda bandingkan dengan manfaat website bagi bisnis Anda, Anda akan paham mengapa saya bersikeras bahwa bisnis Anda – apapun itu – memerlukan website.

Berikut manfaat yang bisa dipetik jika Anda punya website untuk bisnis Anda.

1. Sarana menaikkan kredibilitas

Anggaplah website itu sebagai sebuah billboard yang menayangkan profil bisnis Anda. Orang-orang yang mengunjungi website Anda akan paham dalam hitungan detik tentang kredibilitas bisnis Anda (dengan catatan, website Anda dibangun dengan baik). Website dengan layout rapi dan informasi lengkap, akan meningkatkan kepercayaan pengunjung pada bisnis Anda. Akibatnya, mereka takkan segan menghubungi Anda jika mereka membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

2. Menjaring calon pelanggan tanpa batasan tempat dan waktu

Website bisa diakses oleh siapa saja dan kapan saja, selama mereka memiliki internet, nyaris tanpa batasan. Selama 24 jam, bisnis Anda tetap bisa diakses oleh siapa saja – yang kemudian bisa Anda konversi menjadi pelanggan. Para pengunjung website juga bisa datang dari mana saja, dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan dari seluruh penjuru dunia. Ini berarti Anda bisa meluaskan target pasar sesuai strategi bisnis Anda.

3. Tampil lebih baik di mesin pencarian seperti Google

Data menunjukkan 3,5 milyar pencarian dilakukan lewat Google Search setiap tahun, dan 35% pencarian produk berawal dari Google. Kita paham bukan, sekarang untuk mencari informasi apapun, orang lebih banyak bertanya pada Google daripada pada teman-teman atau orang terdekat di sampingnya. Ini berlaku juga untuk produk atau jasa yang pelanggan butuhkan. Teramat sayang jika Anda melewatkan peluang ini. Memiliki website sendiri berarti Anda punya peluang untuk tampil lebih baik di mesin pencari, dan selaras dengan nomor 2 di atas, Anda bisa lebih baik dalam menjaring calon pelanggan.

4. Katalog online

Anda bisa memajang produk atau jasa yang Anda jual di website, dan menjadikannya sebagai semacam katalog online. Tidak perlu lagi mencetak katalog. Anda bisa meminta calon pelanggan untuk mengunjungi website dan browsing produk atau jasa yang Anda tawarkan. Lebih mudah untuk berpromosi, karena Anda tinggal menyebarkan tautan atau link ke website Anda melalui berbagai media seperti media sosial atau WhatsApp, atau meminta koneksi Anda turut berpromosi dari mulut ke mulut dengan menyebarkan alamat website Anda.

5. Update produk dan jasa kapan saja

Berbeda dengan media cetak yang tidak bisa diperbarui selesai dicetak (Anda harus mencetak edisi katalog baru), Anda bisa menambah, menghapus, atau memperbarui informasi produk lama, kapan saja. Iya, kapan saja. Dengan demikian, pelanggan maupun calon pelanggan akan senantiasa mendapatkan informasi terbaru tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

6. Memperkuat pencitraan sebagai perusahaan yang up-to-date

Memiliki website yang dikelola secara profesional bisa memperkuat pencitraan Anda sebagai perusahaan yang mengikuti perkembangan jaman. Bukan perusahaan yang gaptek, melainkan up-to-date. Kekinian. Perusahaan zaman now. Akhirnya citra ini akan memperkuat kredibilitas usaha Anda (balik lagi ke nomor 1 di atas ya).

7. Mempermudah komunikasi

Bayangkan jika calon pelanggan Anda menghubungi Anda lewat WhatsApp dan bertanya tentang cara pembelian produk Anda. Tentu, Anda bisa melakukan copy paste tentang cara pembelian, syarat dan ketentuan, cara pembayaran dan informasi lainnya. Namun, bisa jadi lebih mudah jika Anda mengabarkan pada calon pelanggan: “Cara pembelian dan pembayaran bisa dilihat di tautan berikut: https://websiteanda.com/cara-pembelian”, misalnya. Semua informasi bisa Anda taruh di website Anda, sehingga pengunjung bisa mendapatkan informasi lengkap, tidak hanya seputar produk namun juga tentang syarat dan ketentuan, dan kebijakan lainnya.

Demikianlah, tujuh manfaat memiliki website bagi bisnis Anda. Semoga Anda menjadi yakin bahwa memiliki website tidaklah sia-sia, namun akan sangat berguna bagi kemajuan bisnis Anda. 

Tertarik mendapatkan update dari blog ini secara rutin? Berlangganan yuks! No spam, guaranteed!